7 Cara Efektif Berhenti Ngorok Saat Tidur


7 Cara Efektif Berhenti Ngorok Saat Tidur
Ngorok atau Mendengkur
Ngorok atau mendengkur adalah kebiasaan pada saat tidur siang boleh dikatakan sangat mengganggu, terutama apabila kita tidur bersama pasangan atau orang lain. Tidur ngorok tersebut dialami oleh rata-rata orang dewasa dan sekitar 25% diantaranya mendengkur setiap mereka tidur. Ada banyak alasan mengapa seseorang mendengkur pada saat tidur, diantaranya adalah karena:

l  Saluran pernapasan tersumbat, entah itu disebabkan karena alergi atau pilek.
l  Tidur mendengkur juga bisa disebabkan karena adenoid atau tonsil mengalami pembesaran atau pembengkakan pada lidah dan vulva.
l  Selain itu, posisi tidur yang salah misalnya bantal yang terlalu tinggi dapat juga menyebabkan seseorang mendengkur atau ngorok pada saat tidur.
l  Penyakit tertentu seperti amandel dan lain-lain, termasuk juga polip dapat menyebabkan seseorang mendengkur.
l  Orang yang kegemukan juga cenderung tidur ngorok karena adanya benjolan pada tenggorokan.

Bahaya Tidur Ngorok

7 Cara Efektif Berhenti Ngorok Saat Tidur
Bahayanya Tidur Ngorok

Setelah kita mengetahui beberapa penyebabnya, ternyata tidur sambil ngorok juga tidak hanya mengganggu namun ada beberapa resiko yang bisa ditimbulkannya.
Menurut penelitian yang dilakukan di Detroit Amerika Serikat, dikatakan bahwa mendengkur bisa lebih berbahaya dibandingkan dengan merokok. Alasan tersebut dikarenakan, ngorok akan menyebabkan penebalan arteri dan lebih berbahaya dibandingkan dengan merokok. Resiko tersebut meningkat beberapa kali lipat terutama pada orang yang memiliki tubuh gemuk atau mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Arteri karotis adalah penyuplai darah ke bagian leher dan kepala serta otak. Jadi, apabila pembuluh darah tersebut mengalami penebalan, sudah bisa dibayangkan apa yang akan dialami oleh orang yang sering ngorok tersebut.
Dampak lain yang juga harus anda waspadai adalah, kebiasaan tidur sambil ngorok menyebabkan seseorang sering sakit kepala, menyebabkan darah tinggi, mudah lupa menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Cara Efektif Berhenti Ngorok atau Mendengkur saat Tidur

1.        Memeriksakan diri ke dokter
Cara pertama yang harus kita lakukan jika tidur sering ngorok adalah dengan memeriksakan kondisi kesehatan kepada dokter. Dengan begitu, apabila kita memiliki suatu penyakit tertentu, dokter akan mengidentifikasinya dengan lebih mudah sehingga solusinyapun akan lebih baik.

2.        Tidur miring atau tengkurap
Jika tidur terlentang adalah penyebab mengapa kita sering ngorok saat tidur, maka mengubah posisi tidur anda itu dengan miring ke kiri, atau tengkurap akan menyebabkan gangguan tidur tersebut bisa diatasi.

3.        Mengganti bantal
Jika selama ini anda cenderung tidur menggunakan jenis bantal yang keras dan tinggi sehingga membuat posisi tidur anda terganggu yang ujung-ujungnya menyebabkan ngorok, cobalah untuk berinvestasi dengan membeli bantal yang lebih empuk serta bantal yang dapat mendukung kepala anda agar bisa tidur dengan posisi yang lebih sempurna.

4.        Istirahat cukup
Kelelahan merupakan satu dari sekian faktor penyebab mendengkur. Apabila anda tidak ingin sering ngorok, pastikan anda beristirahat secara teratur serta tidur cukup.

5.        Berhenti merokok
Kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan seseorang mendengkur. Jadi, apabila ini adalah pemicunya, usahakan untuk mengurangi atau berhenti sama sekali dari rokok.

6.        Menurunkan berat badan
Bagi mereka yang ngorok pada saat tidur karena kegemukan badan, mengurangi berat badan adalah satu-satunya solusi. Lakukan olahraga, diet, dan hindarilah makanan-makanan yang berpotensi menyebabkan obesitas seperti makanan berlemak, termasuk juga goreng-gorengan, junk food, dll.

7.        Hindari pemicu alergi
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa, salah satu penyebab seseorang ngorok saat tidur adalah karena alergi. Dengan menghindari penyebab alergi maka kitapun akan bebas dari ngorok saat tidur.
Selain dengan cara-cara diatas, cara efektif lainnya untuk berhenti ngorok saat tidur adalah dengan mandi air hangat sebelum tidur. 

Baca juga:



0 Response to "7 Cara Efektif Berhenti Ngorok Saat Tidur"