10 Cara Cerdas Memiliki Rambut Sehat Alami

10 Cara Cerdas Memiliki Rambut Sehat Alami
Masalah rambut

Sejak dahulu cara merawat rambut alami sebenarnya bisa memberikan hasil cukup baik untuk mencegah rambut kerontokan, rambut bercabang, dan bermanfaat juga untuk menjaga agar rambut tetap kuat dan sehat. Namun sayangnya, cara alami merawat rambut seringkali membutuhkan lebih banyak waktu, tenaga, dan proses yang panjang. Namun jika ditilik dari hasilnya, perawatan dengan cara alami selain unggul dan tanpa efek samping, bisa juga dijadikan sebagai alternatif untuk berhemat.

Rambut adalah bagian dari tubuh kita yang sudah sepatutnya untuk dijaga dan dirawat agar penampilan tetap bisa maksimal setiap hari. Rambut yang indah akan membuat anda tampak lebih menarik, sehat, dan energik bahkan akan terlihat lebih cantik.

Bagi anda yang merasa tidak puas dengan produk perawatan rambut yang dijual secara bebas di pasaran, berikut adalah beberapa alternatif yang bisa anda manfaatkan dari bahan-bahan alami serta cara merawat rambut agar tetap sehat.

Perawatan rambut alami

10 Cara Cerdas Memiliki Rambut Sehat Alami
Rambut Sehat Alami

#1

Rambut, seperti juga tubuh kita yang lainnya, membutuhkan nutrisi sehingga makanan yang kita konsumsi sehari-hari harus benar-benar dipilih dan dijaga. Untuk memiliki rambut sehat alami, kita harus rajin mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E, minum air setidaknya 8 gelas perhari, dan secara rutin kita juga harus berolahraga.

Makanan yang terdiri atas sayuran dan buah-buahan serta kacang-kacangan sangat dianjurkan untuk menjaga agar kulit kepala tetap sehat dan agar agar rambut tetap kuat.

Air juga sangat dibutuhkan oleh rambut untuk membantunya tumbuh dan berkembang secara sehat. Anda setidaknya harus mengkonsumsi 2 liter air per hari atau lebih, sesuai dengan kebutuhan. Selain didapatkan dari air putih, cairan juga bisa didapatkan dari sayuran maupun buah-buahan. Dengan terpenuhinya kebutuhan cairan, maka rambut akan tumbuh subur dan berkilau.

Berolahraga 30 menit setiap hari akan membuat rambut menjadi lebih kuat. Dengan berolahraga aliran darah di tubuh kita akan mengalir dengan lancar, sehingga, air, nutrisi, dan oksigen bisa disampaikan hingga ujung-ujung tubuh kita dengan baik.

#2

Cara selanjutnya memiliki rambut sehat alami adalah dengan menjaga kebersihannya sehingga tidak akan mudah rontok, tidak mudah bercabang, atau tidak menyebabkan kulit kepala berketombe dan gatal. Cara menjaga agar kulit kepala dan rambut tetap bersih adalah dengan secara rutin mencucinya. Mencuci menggunakan air dingin lebih dianjurkan dibandingkan menggunakan air panas yang cenderung membuat rambut menjadi rapuh dan kering.

#3

Selain tidak dianjurkan menggunakan air panas untuk mencuci rambut, anda juga tidak dianjurkan mencuci rambut terlalu sering. Idealnya, cucilah rambut 2 hari sekali atau 3 hari sekali dengan memanfaatkan shampoo.

10 Cara Cerdas Memiliki Rambut Sehat Alami
Perawatan Rambut


#4

Kebutuhan nutrisi rambut tidak hanya bisa dipenuhi melalui makanan, namun bisa juga dipenuhi dengan menerapkan beberapa conditioner alami, seperti dengan menggunakan campuran antara yogurt dan telur.
Jika rambut anda kering, manfaatkan kuning telur dan mencampurkannya dengan yogurt kemudian aduk lalu terapkan pada kulit kepala dan diamkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit sebelum dicuci. Sebaliknya, apabila rambut anda berminyak, manfaatkanlah putih telur.

#5

Setelah anda mandi, biasakan untuk mengeringkan rambut secara alami dan jangan menggunakan pengering rambut seperti hair dryer. Serta, sebisa mungkin jangan mengeringkan rambut dengan menggunakan handuk yang digosok-gosokkan secara kuat karena dapat menyebabkan rambut menjadi rusak, kering dan rusak.

#6

Yang juga harus diperhatikan setelah mandi adalah, hindari menyisir rambut pada saat masih sangat basah karena dapat menyebabkan kerontokan serta dapat menyebabkan rambut mudah patah.

#7

Apabila rambut sudah bercabang dan rusak, segera lakukan pemotongan karena ini merupakan bagian dari merawat rambut agar anda memiliki rambut yang sehat dan kuat.

#8

Beberapa bahan alami yang bisa kita temukan dengan mudah seperti minyak kelapa murni, minyak almond, dan beberapa minyak lainnya yang baik untuk kulit kepala sebaiknya dimanfaatkan.
Pada point ke 8 ini, tips merawat rambut dan kulit kepala agar sehat secara alami adalah memijat menggunakan minyak hangat. Minyak terlebih dahulu harus dipanaskan hingga suam-suam kuku kemudian dimanfaatkan untuk memijat kulit kepala.
Manfaat dari pemijatan ini akan membuat rambut lebih kuat dan sehat karena aliran darah di sekitar kulit kepala menjadi lebih lancar.

#9

Perhatikan alat-alat yang anda gunakan untuk merawat rambut selama ini. Misalnya hair dryer, catok, dan sisir.
Sebisa mungkin jangan terlalu sering menggunakan catok dan hair dryer. Selain itu, sisir yang anda gunakan sebaiknya berbahan metal atau terbuat dari besi, dan bukan yang terbuat dari plastik. Selain itu, sisir yang anda gunakan harus berbeda-beda. Setelah mandi anda harus menggunakan sisir yang bergigi renggang untuk menghindari rambut patah serta bisa dimanfaatkan juga untuk mengurai rambut yang kusut. Kemudian, manfaatkan juga sisir rambut berbentuk sikat yang lembut untuk menyisir rambut pada saat kering.

10 Cara Cerdas Memiliki Rambut Sehat Alami
Rambut Sehat Alami


#10

Tips terakhir agar anda memiliki rambut sehat alami adalah dengan menghindarkan rambut dari berbagai bahaya yang datang dari lingkungan seperti: sinar matahari langsung yang panas pada siang hari, hindarkan juga rambut dari polusi udara dan debu dengan menggunakan helm pada saat berkendara menggunakan motor, serta manfaatkan pelembab seperti minyak almond untuk membuat rambut menjadi lebih berkilau, sehat, dan tampak alami.


0 Response to "10 Cara Cerdas Memiliki Rambut Sehat Alami"