Pengaruh Air Putih Terhadap Kesehatan Ginjal



Pengaruh Air Putih Terhadap Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting bagi tubuh kita. Ginjal berada di sebelah kanan dan kiri tulang belakang terletak di bawah hati dan limpa.  Fungsi ginjal bagi tubuh kita salah  satuanya ialah menyaring kotoran yang ikut mengalir pada darah kemudian membuangnya bersama urin ( air seni ).

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan ginjal ialah dengan cara mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Peranan air dalam tubuh ialah sebagai media transportasi zat –zat yang tidak berguna bagi tubuh dan mengeluarkannya dalam bentuk keringat dan urin. Mencukupi kebutuhan air dalam tubuh dapat memperlancar proses pengeluaran zat racun yang terkandung dalam darah dengan baik. Air yang baik dan memiliki dampak metabolisme paling rendah ialah air putih.

Idealnya kita harus mengkonsumsi 7 sampai 8 gelas air perhari untuk menjaga kesehatan ginjal  dan memperlancar proses metabolisme dalam tubuh. Namun demikian kita juga tidak boleh mengkonsumsi terlalu banyak air putih karena dapat membahayakan ginjal serta organ tubuh yang lain, mengapa demikian ?.

Telah kita ketahui bahwa fungsi ginjal adalah sebagai filter tubuh yang bekerja menyaring produk limbah yang ikut terlarut dalam darah kemudian mengubahnya menjadi urin. Jika kita mengkonsumsi air secara berlebihan  maka fungsi ginjal akan terganggu akibat kelebihan jumlah air yang masuk. Sehingga mengakibatkan keseimbangan cairan di dalam tubuh menjadi tidak stabil dan rusak karena jumlah natrium dan cairan yang tidak seimbang. Bila sampai pada batas kemampuan sel-sel pada ginjal yang tidak mampu menahan cairan tersebut maka ginjal akan pecah. Itulah sebabnya mengapa kita juga tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi air putih.

0 Response to "Pengaruh Air Putih Terhadap Kesehatan Ginjal"